Sunday, February 27, 2011

Tips Agar Merasa Senang dan Tenang Saat Liburan

Saatnya liburan. Anda dan keluarga boleh jadi sudah menyiapkan rencana liburan memanfaatkan momen libur sekolah, Natal dan tahun baru. Nah, sekarang waktunya bagi Anda dan pasangan untuk mempersiapkan liburan lebih terencana untuk menghindari stres bahkan depresi. Bukankah liburan seharusnya menyenangkan? lantas mengapa liburan bisa mendatangkan tekanan?

Liburan bisa menguras tenaga dan biaya. Berbagai pilihan liburan bertebaran dan menggoda. Jika tak diperhitungkan dengan matang, Anda hanya akan menikmati kesenangan sesaat dan gigit jari usai berlibur.

Agar terhindar dari masalah klasik ini, kenali apa yang perlu dipersiapkan untuk menikmati liburan:

Meningkatkan kualitas hubungan
Hubungan pasutri bisa menimbulkan konflik, pertengkaran, stres kapan saja dan di mana saja. Bahkan menjelang liburan tensi semakin memanas dan konflik mudah saja terjadi.

Salah paham dalam keluarga hingga konflik mudah saja muncul terutama jika Anda dan pasangan saling menyalahkan. Jadi, tetapkan tujuan sejak awal merencanakan liburan. Anda dan pasangan, serta anggota keluarga lainnya perlu memahami liburan bersama adalah bagian dari cara meningkatkan kualitas hubungan.

Di sisi lain, Anda tentu akan merasa kesepian, sedih atau berat hati jika berlibur tanpa orang yang Anda sayangi. Liburan tak nikmat tanpa pasangan atau keluarga bukan?

Keuangan
Biaya perjalanan, bahkan sekedar liburan di pusat perbelanjaan pun akan menguras isi dompet Anda. Belum lagi membelikan si kecil hadiah. Ditambah lagi kebutuhan makanan, hiburan dan keperluan lainnya menyangkut liburan. Semua pengeluaran ini takkan bisa menenangkan pikiran Anda jika tak mengenali apa kebutuhan liburan yang sebenarnya.

Faktor anggaran dan kemampuan keuangan Anda perlu diperhitungkan dalam merencanakan liburan. Meski anggaran terbatas, tak lantas Anda dan keluarga tak bisa berlibur. Pilihan liburan terbuka menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan Anda. Anda dan pasangan perlu berpikir kreatif dan memperhitungkan anggaran liburan lebih matang. Anda tentu tak ingin menghamburkan uang sekadar untuk membahagiakan pasangan atau keluarga, namun muncul kegelisahan beberapa bulan ke depan, lantaran tak ada lagi uang di tangan.

Persiapan fisik
Liburan pun membutuhkan energi dan kondisi fisik yang fit. Karena, kelelahan juga bisa menimbulkan stres. Hindari stres dengan menyiapkan kondisi fisik sebelum berlibur. Olahraga dan tidur cukup adalah obat stres dan kelelahan. Usahakan untuk beristirahat cukup sebelum pergi berlibur. Selain juga jaga rutinitas olahraga dengan baik. Dengan cara ini, Anda sudah membentengi diri dari serangan flu atau penyakit tak diundang lainnya saat berlibur.