Thursday, February 24, 2011

Inilah makluk yang Paling Tua di Dunia,Must Show!



poiler for makluk:


Bagi kebanyakan makhluk hidup, hidup hanya sekilas. Pada lalat dewasa, mereka hanya hidup selama 30 menit saja.

Rata-rata, manusia hidup selama 60-70 tahun, pemegang rekor saat ini adalah seorang perempuan berusia 122 tahun. Kura-kura Galapagos bisa mencapai usia 190 tahun, dan beberapa paus bisa mencapai sekitar 200 tahun. Tapi untuk tanaman, usia mereka bisa berkali lipat usia hewan.

Sering ditemui pohon hidup ratusan tahun, bahkan beberapa spesimen kuno hidup ribuan tahun. Menurut database online ekolog Christopher Earle, organisme hidup tertua adalah pinus bristlecone (Methuselah) yang tumbuh di tenggara Pegunungan Putih California. Jumlah cincin pohon ini menunjukkan Methuselah berusia 4.841 tahun.

Pohon ini lebih tua dari kebanyakan peradaban manusia. Methuselah bertunas pada Zaman Perunggu, sekitar dua ribu tahun sebelum Roma ditemukan, dan beberapa ratus tahun sebelum Mesir membangun Piramida Agung Giza. Menurut Dinas Kehutanan Amerika Serikat (AS), pohon seperti Methuselah mengalami pertumbuhan yang sangat lambat pada suhu dingin, hal ini membuat kayunya menjadi padat dan tahan penyakit.

Para ilmuwan menunjukkan, pinus ini mengalami sedikit perubahan saat tumbuh dewasa, dan tak akan rusak oleh usia. Tentu saja, untuk sampai pada usia 4.841 butuh sedikit keberuntungan. Sebelumnya, sebuah pinus berusia lebih dari 100 tahun lebih tua dari Methuselah ditemukan pada 1964 oleh peneliti di Nevada.

Sayangnya, usia pohon ini (4.900 tahun) baru diketahui setelah pohon yang disebut “Prometheus” itu ditebang. Karenanya, Dinas Kehutanan merahasiakan lokasi Methuselah dari publik. Menurut database Earle, kemungkinan terdapat pinus bristlecone berusia lebih dari lima ribu tahun.

Sayangnya, pohon itu tak mungkin diukur usianya karena pohon tua itu bisa kehilangan kulitnya. Selain spesies pinus bristlecone, terdapat pohon lain yang melebihi usia pinus ini. Menurut ilmuwan Swedia, pohon cemara di provinsi Dalarna Swedia merupakan serangkaian klon genetik identik dari pohon cemara 9.550 tahun silam.

Menurut Dinas Kehutanan, di Utah selatan terdapat sekelompok klon aspen getar berusia 80 ribu tahun, meski tak ada pohon individu yang bisa melewati usia 75 tahun.



http://www.slowbos.com/showthread.php?50959-Inilah-makluk-yang-Paling-Tua-di-Dunia-Must-Show!