Friday, February 25, 2011

{HEBAT} Setelah Mati 45 Tahun, Robot Ini berhasil dihidupkan Kembali,Gan!



Ini wajah si Robot!

Spoiler for Robot George:


Robot ini tidak memiliki kecerdasan apapun, untuk berpindah tempat pun dia sangat lambat. Tapi yang menarik, ia merupakan salah satu robot humanoid pertama buatan Inggris yang berhasil dihidupkan kembali setelah mendekam di garasi selama 45 tahun.

Robot bernama George itu dibuat oleh seorang mantan perwira bernama Tony Sale dengan hanya menggunakan besi bekas dari pesawat yang jatuh. Ketika itu Tony masih berusia 19 tahun.

"Saya mengeluarkannya dari garasi di mana ia telah berdiri selama 45 tahun. Saya percaya ia masih bisa bekerja lagi dan untungnya saya benar ," kata Tony seperti dikutip detikINET dari Daily Mail, Kamis (25/11/2010).

"Aku menaruh sedikit minyak pada bantalan dan menambahkan beberapa baterai lithium baru di kakinya. Kemudian aku mengaktifkannya dan ia berjalan. Ini adalah saat yang paling indah," tambah pria berkacamata itu.

George sendiri diciptakan dengan memiliki tinggi 6 kaki atau sekitar 182 cm dan dapat berjalan, berbicara maupun melacak botol bir dengan diterangi lampu dari matanya.

Dua baterai motor listrik digunakan untuk mengendalikan George dibantu dengan sebuah remote control untuk menggerakkannya. Namun sayang, kini robot itu lebih sering berderit dan tidak bisa lagi duduk maupun mencari bir.

Tony akhirnya menyumbangkan robot buatannya ke Museum Nasional Komputing di Bletchley Park, Inggris.

"Senang melihat George kembali bekerja dan orang bisa melihatnya secara langsung," ia menandaskan.


http://www.slowbos.com/showthread.php?51048-HEBAT-Setelah-Mati-45-Tahun-Robot-Ini-berhasil-dihidupkan-Kembali-Gan!