Saturday, February 26, 2011

ARTELERI KOREA UTARA SERANG KOREA SELATAN


- 
Asap tebal berasal dari rumah para penduduk yang terbakar di kepulauan Yeonyeong yang dikuasai oleh Korea Selatan, terlihat membumbung ke udara, akibat serangan arteleri Korea Utara.
-
Korea Utara menembakkan puluhan peluru artileri ke sebuah pulau di perbatasan Korea Selatan, Selasa (23/11/2010). Sekitar 50 peluru artileri Korea Utara mendarat di pulau perbatasan Korea Selatan (Korsel), Yeonyeong, yang terletak di dekat perbatasan Laut Kuning yang tegang. Serangan itu merusak puluhan rumah dan mengirim gumpalan asap tebal udara, lapor televisi YIN.

-

Menurut seorang juru bicara Pemerintah Korsel, unit artileri Korea Utara melancarkan serangan provokasi ilegal ke ke pantai barat Kepulauan Yeonyeong yang dikontrol oleh Korea Selatan pada pukul 14.34 waktu setempat (atau 12.43 WIB) dan pasukan Korea Selatan segera melakukan tembakan balasan sebagai upaya membela diri.

-

Akibat serangan Korea Utara tersebut, korban jatuh di pihak Korea Selatan adalah 2 orang marinir dan 2 orang sipil tewas serta sedikitnya 15 orang luka-luka, dan sekitar 70 rumah penduduk terbakar.

-

Serangan ini adalah insiden ke 2 di tahun 2010 yang terjadi di Laut Kuning, dimana sebelumnya kapal selam Korea Utara di duga telah menterpedo kapal Angkatan Laut Korea Selatan pada bulan Maret 2010 hingga tenggelam, yang menyebabkan 46 awak kapal Korea Selatan tewas.

-

Secara teknis kedua Korea hingga kini masih dalam situasi berperang, karena Perang Korea 1950-53 berakhir dengan gencatan senjata bukan perjanjian damai. (Sumber: dari berbagai sumber).
-
-
-
-
-
-
-
 
Rumah penduduk yang rusak di Kepulauan Yeonyeong akibat serangan arteleri Korea Utara.
-
-
 
Kendaran yang rusak di Kepulauan Yeonyeong akibat serangan arteleri Korea Utara.
-
-
 
Peluru arteleri Korea Utara yang tidak meledak.
-
-
 
Seorang tentara Korea Selatan yang luka-luka akibat serangan arteleri Korea Utara tiba di pelabuhan Incheon, selatan kota Seoul.
-
-
 
Seorang penduduk dari Kepulauan Yeonyeong yang luka-luka akibat serangan arteleri Korea Utara tiba di pelabuhan Incheon, selatan kota Seoul.
-
-
 
Pasukan Korea Selatan sedang mengevakuasi penduduk Kepulauan Yeonyeong.
 
Penduduk kepulauan Yeonyeong dan keluarga para tentara Korea Selatan meninggalkan kapal laut “hovercraft” milik Angkatan Laut Korea Selatan yang mengantar mereka ke pelabuhan Incheon.
-
-
 
Para demonstran (pemrotes) Korea Selatan membakar bendera Korea Utara, di kota Seoul, ibu kota Korea Selatan.



http://iwandahnial.wordpress.com/2010/11/25/arteleri-korea-utara-serang-korea-selatan/